[REVIEW] Buku Saat Angan Tak Seindah Kenyataan - Karya Ida Raihan

"Jangan pernah berusaha melupakan masa lalu, karena kamu tidak akan pernah bisa. Kamu hanya bisa berdamai dengannya. Sekali lagi, berdamai."

🍂 Salah satu buku dengan kategori pengembangan diri ini berisi sekumpulan tulisan yang menyejukkan. Disajikan contoh-contoh peristiwa nyata baik dari kisah penulis sendiri dan orang-orang di sekitar yang ditemuinya. Ada kutipan-kutipan pendek yang relate dengan mayoritas pembaca saat membacanya. 

🍂 Menurutku, buku ini cukup ringan untuk dibaca siapapun. Bahkan, aku merasa banyak pemaparan yang relate dengan kehidupanku sendiri. Mengajakku untuk berdamai dengan keadaan dan masa lalu yang beragam. 

🍂 #saatangantakseindahkenyataan akan mengajak pembaca untuk menyelesaikannya sampai tuntas. Diawali kisah nyata sesuai pengamatan penulis, kemudian dikaitkan dengan kehidupan pada umumnya. Seolah mewakili banyak orang ketika pernah atau sedang berada di posisi yang sama. Penyampaiannya begitu sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami. 

🍂 Bagian yang paling berkesan menurutku saat bagian "Ketika Kakakmu Bukan Sahabatmu" di sini aku sampai menangis. Mengingat masa kecil yang kurang menyenangkan. Namun, setelah membaca akhir bab itu merasa jauh lebih tenang. Bahwa semua terjadi pasti ada alasan dan hikmahnya masing-masing.

🍂 Seperti buku-buku sejenisnya. Tentu ada banyak motivasi di dalamnya. Misalnya seperti kesabaran, ketenangan dalam menghadapi masalah, sampai keyakinan pada angan dan diri sendiri meski berulangkali harus merasakan kecewa terlebih dahulu. 

🍂 Namun, ada sedikit kelemahan di buku ini. Menurutku isi bukunya masih banyak tulisan typo. Ada penggunaan bahasa yang terlalu gaul dan tidak sesuai pada tempatnya. Sehingga membuat suasana kurang nyaman saat membaca di beberapa bagian. Kalau untuk cover yang sederhana, menurutku itu cukup bagus dan mewakili isi bukunya. 

🍂 Rate: 4.6/5 🌟


TENTANG REVIEWER

Moch Abdul Aziz, penulis kelahiran Bojonegoro tahun 2001. Dirinya merupakan pendiri Komunitas Ufuk Literasi dan Penerbit Ufuk Media, yang saat ini juga tercatat sebagai mahasiswa Matematika semester enam di Universitas Negeri Semarang. Pembaca bisa menyapa dan menikmati karya penulis melalui akun Instagram dan Tik Tok-nya dengan username @abdulaziz.writer.

Posting Komentar untuk "[REVIEW] Buku Saat Angan Tak Seindah Kenyataan - Karya Ida Raihan"