Terapkan 5 Tips ini Supaya Tulisanmu Cepat Selesai, Jangan Malas!

Menulis merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak memandang usia, jabatan, gelar, ataupun profesi. Asalkan ada kemauan dan komitmen, semua pasti bisa.

Perlu digarisbawahi, bahwa selama menulis pasti ada rasa jenuh dan ingin berhenti. Kebanyakan  orang terlalu bersemangat dalam memulai, namun kehilangan motivasi saat berada di pertengahan. 

Apakah kamu juga salah satunya? Kalau iya, yuk baca artikel ini. Siapa tahu, setelah ini tulisanmu bisa segera selesai. Tidak perlu waktu cepat dan singkat, yang terpenting tulisanmu tidak berhenti di tengah jalan. 

1. Buat jadwal khusus untuk menulis


Setiap kita punya waktu yang sama, 24 jam. Semua tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Banyak dari kita yang sering mengulur waktu, yang pada akhirnya membuat kita bingung dengan sendiri. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membuat jadwal khusus. Pilihlah waktu yang sekiranya kamu bisa fokus untuk menulis. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 10-15 menit dalam satu hari. Lakukan dengan konsisten dan bertahap, pasti bisa membantu kamu untuk menyelesaikan naskah.

2. Menulis sesuai kemampuan


Menulis tidak selalu tentang hal hebat. Kamu bisa memulai tulisan yang sederhana. Percuma saja kalau kamu mengikuti tren, jika kamu sendiri tidak begitu paham tentang tema tulisan itu. 

Perbanyak membaca adalah salah satu cara. Semakin banyak bahan bacaan yang kamu baca, maka kamu akan semakin tahu apa yang pas untuk kamu tulis. 

3. Membuat target untuk menyelesaikan tulisan


Percaya atau tidak, ketika kita membuat suatu target pasti akan lebih semangat dalam melakukan banyak hal. Salah satunya adalah menulis dan menyelesaikan naskah. Kamu bisa membuat suatu tulisan di pintu kamar atau mana pun yang berisi tanggal deadline naskah kamu. 

Cara itu sangat dianjurkan untuk kamu yang serius dan sanggup. Jika tidak yakin, sebaiknya jangan dicoba. Karena suatu yang dipaksa selesai itu juga tidak bisa maksimal. Paling penting adalah komitmen dengan diri sendiri.

4. Sering mengikuti seminar dan kelas kepenulisan

Mau sesering apa pun menulis, kalau kamu tidak mau belajar maka tulisanmu akan sama saja. Sesekali kamu harus mengikuti seminar motivasi ataupun kelas kepenulisan. Cara ini bisa menjadikan kamu lebih mahir lagi dalam menulis. 

Mengikuti kegiatan yang mendukung kepenulisan, pastinya membuat kamu semakin yakin dan percaya diri dengan apa yang kamu tulis. Tidak ada salahnya memilih yang gratis ataupun berbayar, karena yang paling penting adalah ilmu dari sana bisa kamu terapkan. 

5. Bergabung ke komunitas kepenulisan


Tips terakhir adalah masuk atau bergabung ke komunitas kepenulisan. Ada banyak komunitas kepenulisan 
online yang bisa kamu ikuti. Ada komunitas yang menawarkan berbagai benefit untuk kamu di sana. Mulai gratis hingga berbayar, kamu bisa mencari mana yang cocok. 

Selain mendapatkan ilmu kepenulisan, di komunitas itu kamu bisa mendapatkan banyak teman sehobi. Pastinya dengan begitu, kamu akan semakin semangat untuk menyelesaikan naskah. 

Banyak sekali benefit yang bisa kamu dapatkan jika bergabung ke grup kepenulisan. Barangkali kamu berminat, coba cari saja di instagram dengan kata kunci komunitas literasi. 

Ingat, bahwa tulisan yang bagus adalah tulisan yang selesai. Jangan sampai apa yang telah kamu mulai harus terhenti di tengah jalan. Yuk, mulai semangat lagi untuk menulis. 

Baca artikel versi IDN Times


TENTANG PENULIS

Moch Abdul Aziz, penulis kelahiran Bojonegoro tahun 2001. Dirinya merupakan pendiri Komunitas Ufuk Literasi dan Penerbit Ufuk Media, yang saat ini juga tercatat sebagai mahasiswa Matematika semester enam di Universitas Negeri Semarang. Pembaca bisa menyapa dan menikmati karya penulis melalui akun Instagram dan Tik Tok-nya dengan username @abdulaziz.writer.



Posting Komentar untuk "Terapkan 5 Tips ini Supaya Tulisanmu Cepat Selesai, Jangan Malas!"