Kumpulan Surat Bertema Ulang Tahun Penuh Makna, Bikin Baper!


Setiap tahun, momen ulang tahun menjadi saat yang istimewa bagi setiap individu. Saatnya merayakan kehidupan, mencatat pencapaian, dan mengingat momen berharga dalam perjalanan hidup. Namun, di balik hiruk-pikuk perayaan, ada cara unik dan penuh makna untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan cinta kepada seseorang yang berulang tahun. 

Kumpulan surat bertema ulang tahun hadir sebagai pilihan yang sarat emosi, mengungkapkan perasaan dalam kata-kata yang indah dan mengundang tetes-tetes air mata bahagia. Nah, berikut ini adalah kumpulan surat yang bisa kamu jadikan referensi.

Namun, sebelum scroll artikel kali ini sampai selesai. Kamu bisa menyaksikan sekaligus mendengarkan musikalisasi puisi berikut. Ini merupakan adaptasi dari salah satu surat dengan tema ulang tahun.


Nah, kalau sudah sekarang kamu bisa lanjut scroll artikel berikut ini. Jangan sampai baper, ya.

*****

Jangan Berhenti Tersenyum

Karya: Muhammad Ayash Mujahidullah

 

Hai, pagi. Gimana kabarnya? 

Semoga sehat selalu, ya? 

Di surat ini aku mau mengucapkan ribuan terima kasih dan ucapan selamat atas hari bahagiamu.

Doaku dan doa orang lain pasti sama, tapi doa spesialku semoga kamu tetap menjadi pribadi yang menginspirasi dunia, ya?'

Hadirmu di dunia benar-benar menjadi inspirasi bagi semua orang, bagi orang terdekat, dan bagiku pastinya. 

Jangan pernah berubah atas kehendak orang lain, karena dirimu adalah dirimu dan orang lain adalah orang lain, jangan pernah berubah.

Tegakkan kepalamu, kawan! 

Karena dunia terlalu lucu untuk direndahkan.

Nasehat kecil yang aku beri tak sebanding dengan segala inspirasimu ke semua orang, aku selalu ingin menjadi seperti dirimu. Tapi aku urungkan karena tiap manusia terlahir dengan berbagai kelebihan, bukan? Itu nasehatmu ke aku saat itu. 

Hehe tetap semangat menginspirasi, kawan.

Aku sudahi ya surat ini? Maaf kalau terlalu panjang, karena aku benar-benar rindu kamu. Cepat pulang, jangan pernah berhenti tersenyum, dan berbuat baik, karena itu adalah keahlianmu bukan? Baik. Selamat atas hari bahagianya.


18 September 2020

 

***** 


Sejuta Kejutan

 

Angin malam menyapu lembut, mengantarkan kedatangan

September kembali pulang

Setelah angkat kaki berbulan-bulan

Menuturkan sejarah yang begitu mendalam

Teruntuk yang sedang menunggu hari kelahiran

Usiamu bertambah satu menjadi genap

Semoga kau memungut sejuta kejutan

Dari penghuni, yang layak kau sebut pujaan

Berdoalah, adukan banyak harapan di hari penuh keistimewaan

Semoga tidak ada yang meninggalkan atau ditinggalkan

Agar kau tak perlu merasakan pahitnya kejutan

Rencana Tuhan memang nyata wujudnya

Lirihkan doamu di setiap langkah kebahagiaan

Semoga kegembiraan menyelimuti hari kelahiranmu

Maaf, mungkin jarak yang terlalu lebar

Menuntutku untuk tidak berjumpa

Melainkan hanya bertukar kabar

Panjang umur dan sehat selalu

Aku akan tetap merindukanmu

 

Lamongan, 12 September 2020

 

 *****

 

Hari Istimewa

From, me

Especially, for you

 

Hey! Gimana kabarnya? Lama tak berjumpa, ya? Selamat buat hari istimewamu

dibulan ini, maaf tak bisa mengucapkan secara langsung di hadapanmu. Oh ya,

di hari berkurangnya usiamu di bumi ini aku harap kamu masih tetap hebat

seperti hari-hari sebelumnya. Tetep semangat ya! Inget! Kamu nggak pernah

sendiri, ada Allah yang selalu menemani.

Barakallah fii umrik, untukmu.

Bumi Allah, 16 September 2020

 

Hamasah, Ma'an Najah ya-!

 

***** 


Next Journey


Dear you,

 

Halo? How is life? Hope you are fine. Rasanya it has been a while kita ga

berinteraksi begini. Hari ini, aku ingin mengatakan sesuatu. Happy birthday to

you. Begitu banyak hal-hal rumit yang sudah terjadi belakangan ini. Tidak

mudah memang. Tetaplah kuat. Barangkali ada sesuatu yang ingin diajarkannya

kepada kamu. Don't let your negative thought take over control of you.

Hey, semakin dewasa kamu. Mulailah belajar untuk mengatakan tidak. Mulailah

belajar untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai demi

menyenangkan orang lain. Mulailah belajar bahwa kebahagiaanmu juga tidak

kalah penting dari kebahagiaan orang lain. Mulailah belajar menata prioritas

diri. Belajarlah untuk tidak memikirkan segala sesuatu secara berlebihan serta

mulailah belajar untuk tidak selalu panik akan segala hal.

Are you ready for the next journey? I hope so. I really realize ke depannya akan

banyak unpredictable things that will happen. Jangan berhenti berproses, ya?

Apa pun itu kumohon jangan karena untuk sampai di titik ini bukanlah sebuah

hal yang mudah. Jika lelah, berhentilah sejenak. Kamu pasti akan berhasil

melewatinya. Once more happy birthday. All the best for u✨✨

 

Best regards,

Agrstsia


***** 

Aku Mendukungmu


To you. My bestfriend :)

Hai kamu! Apa kabar? Aku harap kau sehat dan selalu bahagia. Lama tak

berjumpa, ya? Aku rindu padamu. Aku rindu saat kita bersama, bercerita, dan

tertawa. Kuharap kita secepatnya dapat bertemu.

Aku cuma mau bilang. Hari ini usiamu bertambah, tantangan hidup pun juga

akan bertambah. Tetaplah menjadi kuat. Jangan lupa berdoa. Semangat selalu

ya! Kamu hebat! Apa pun tantangan di depan, tetaplah yakin bahwa kamu bisa!

Oke? Oke.

Untuk yang terakhir. Ingatlah selalu kalau aku akan selalu mendukungmu apa

pun yang kau lakukan. Selamat ulang tahun my bestfriend. Salam sayang

dariku.

 

From Your Bestfriend. :)

 

*****


Terima Kasih

Dari : Aku

Untuk : September

 

Dear, September.

Terima kasih atas hadirmu, terima kasih atas luka yang pernah kau torehkan sejauh ini, aku tidak membencimu, tak akan pernah. Semoga, kita dapat berjalan berdampingan selalu hingga September ini berakhir, ya?

September ini, mengajarkanku banyak sekali hal. Kehilangan, kepedihan, kesedihan. Ah tak apa, semoga semuanya hanya sampai disini saja, jangan sampai di ujung sana, ya?

Oh iya, untuk dirimu, yang mungkin memiliki hari bahagia di September ini, semoga selalu berbahagia, ya? Tuhan memberkati 💐.

 

Ruang Hampa, 15 September 2020

 

*****


Kekuatan 


Hallo, September

Di bulan ini, tepat pada tanggal 18 September 2020 bayi mungil itu kini telah menjelma sebagai seorang remaja yang beranjak menjadi orang dewasa. 19 tahun. Lama banget, kan? Sekarang kamu bukan lagi anak bayi atau pun anak kecil yang lagi berlari-lari minta mainan. Lihatlah wajahmu di cermin sekarang! Kenalan deh sama seorang pejuang yang tangguh, lihat matanya baik-baik!

Mari kita namai mata itu dengan "kekuatan".

Karena matamu telah begitu kuat menahan semua.

19 Tahun

Tahan! di depan masih banyak yang harus kamu kejar.

Dan di depan bukannya semakin mudah, tapi akan semakin sulit.

Gunung yang harus kamu daki justru makin tinggi.

Tapi, kamu harus percaya, kalau kamu tidak akan menyerah, aku paham ini nggak mudah, aku tau kadang aku ngerasa ingin menyerah.

Sedih tak kunjung sudah, semuanya menguras tenaga, pikiran juga perasaan.

Doaku untuk dirimu di 19 tahun ini semoga kamu kuat, meski semuanya terasa berat.

Kamu hebat.

 

-Selawati

 

 *****

 

Tunggu Saja Aku


Dari : Pengagum Nyatamu

Dear : Pangeran Khayalanku

 

Hai, Pangeran. Apa kabar?

Sudah lama kita tidak bertemu, ya?

Apakah kamu tau bahwa aku masih sama seperti dulu?

Perasaanku masih setia padamu.

Kamu ingat?

 

Tepat di bulan September ini satu tahun yang lalu saat pertama kali kamu

hadir di mimpiku, tersenyum manis lalu berkata, "Tunggu aku"

Apakah kamu tau bahwa aku masih memegang dan percaya dengan ucapanmu?

Sampai saat ini aku masih menunggumu hadir di dunia nyata.

Raut wajahmu sangat jelas untuk kuingat.

Bola mata coklat, alis mata rapi, hidung mancung, bibir kecil.

 

Aku sangat mengingatnya.

Aku juga berhasil melukis wajahmu yang rupawan itu.

Aku sudah mencarimu di berbagai tempat yang ada di dalam mimpi ketika aku bertemu denganmu.

Namun, tak jua kutemukan keberadaanmu.

Sempat menyerah dan hampir putus asa.

 

Namun, tadi malam kamu kembali datang ke mimpiku dengan berkata, "Jangan habiskan waktu untuk mencariku. Tunggu saja aku."

Baiklah, aku akan setia menunggumu, Pangeranku.

Cepatlah datang karena aku menunggumu.

 

Rumah Ternyaman, 16 September 2020

 

 *****

 

Baris Kata


Aku punya puisi,

Yang terkumpul dari tangga nada bahagia,

Terurai udara menjadi sinyal-sinyal suara,

Getaran telinga yang dirangkum rapuhnya jiwa,

 

Keindahan langka baris kata darimu

Walau kutau tak kan pernah bisa membuatnya,

Karena bagaimana mungkin aku menulis yang tak mampu ku eja,

 

Selamat ulang tahun,

Semoga riang seluruh sejarah,

Semoga harap akan masa depan terang,

Semoga tegak langkah saat kejatuhan terparah,

 

Hari ini bertambah tua raga,

Hari ini bertambah pula rasa,

met ultah ya…

 

 *****

 

Secercah Harsa

Karya @rhohana

 

Dear, for the best

Hai, salam dariku untukmu, apa kabar?

Aku berharap semoga tetap sehat.

Kau tahu?

Dulu dan kini tak lagi sama, tatap matamu kini makin terbuka.

Mendapat secercah harsa yang kini datang melingkupi.

Lahirlah kembali sebuah harapmu, menanti yang telah lama dinanti.

Terlihat sebuah bongkahan batu, yang menjadi kristal emas.

 

Kuharap kamu suka apa yang aku ucapkan.

Kutuliskan dalam aksara pena ini, semoga kau tetap menjadi yang pertama.

Bagai sejuta biji kopi, kini menjadi lebur dan terasa manis.

Akhirnya datanglah saat itu, saat yang kau tunggu- tunggu.

 

Tetaplah menjadi kamu yang tak lupa jati diri maupun asal muasalmu.

Aku tau perjuanganmu tak mudah.

Rintang kelam kau lewati, tantangan kau hadapi, dan lelahmu tak kau rasakan.

Kau menghiraukan semua yang merendahkan, demi seupik kerikil ini.

Tapi kau telah berhasil membangun hari di mana kau akan berjaya.

Dan itu terwujud, kau hebat!

Sungguh! Aku bangga padamu.

 

Selamat ya, semoga kau tetap bahagia dan tersenyum dengan lapang.

Doaku menyertaimu, aksaraku mengikutimu, dan dukunganku selalu untukmu.

 

Ruang imajinasi, 15 September 2020

 

 *****

 

Hey, Kamu!

 

Hey! Kamu, yang lahir di bulan ini, bulan September ini. Fitri cuma mau bilang.

Alhamdulillah ya bertambahnya usiamu bertambah juga pola pikirmu, tentu

kamu senang, bukan? Pasti! Sekali lagi selamat ya, hari ini dimana kamu telah

lahir.

Semoga kamu selalu ada di lindungan-Nya, selalu ceria. Seperti matahari yang

dinantikan semua insan, seperti bunga yang keramahanmu tercium semua

orang. Yakinlah bahwa Allah senantiasa bersamamu, berjalan beriringan

denganmu. Menyanggah doamu yang nantinya akan diajwab satu per satu.

Eh, bentar! Ada satu lagi loh, hummm apa yaa? Ya sudah deh aku kasih tahu.

Selamat ulang tahun buat kamu di sana yang kurindukan!!

 

Pati, 15 September 2020

 

 *****

 

Sebuah Kesempatan

Karya @rrnkk

 

Selamat!

Tuhan masih memberimu kesempatan,

untuk kembali mengulang tanggal kelahiranmu hari ini.

Teruslah menjadi dirimu sendiri,

hilangkan sifat burukmu ganti dengan sifat baik pada dirimu.

Teruslah belajar menjadi pribadi yang lebih baik,

untuk saat ini dan masa yang akan datang.

Semoga kau bahagia selalu.

Melalui hari-hari dengan senyuman, aamiin.

 

*****


Hari Ini

 

Tertulis sajak untuk dirimu yang diistimewakan

Semoga Tuhan selalu memberikan kebahagiaan

Rasakan bait ku, untuk senyummu

18 September 2020

Hari ini istimewamu

Hari ini bahagiamu

Hari ini pula petualanganmu dimulai

Usia pun semakin berkurang seiring waktu

Semakin keras dunia ini untukmu

Pada akhirnya dirimu bisa merasakan "Apa arti kehidupan seutuhnya?"

Doamu untuk masa depanmu kini semakin terasa

Bersyukurlah agar Tuhan selalu melindungi dan membuatmu bahagia

 

Setitik debu, 2020

 

 *****

 

Indahnya Kebersamaan

 

Hari ini begitu indah bersamamu

Aku begitu kagum padamu

Rinduku semakin membuncah

Ingin rasanya sejenak duduk berdua bersama

Habiskan waktu hanya denganmu

Karena aku ingin selalu ada di dekatmu

Rasanya, tak jemu-jemu kau memandangku

Ingin kuusap peluh di keningmu

Indahnya kebersamaan kita hari ini

Terkalahkan oleh waktu yang memisahkan kita

Degup jantung kian memburu

Aku ingin kau selalu hadir di setiap mimpiku

Berharap hati kita akan selalu menyatu

 

19.11

 

 *****

 

Kamulah sang Pemenang

 

Selamat ya hari ini

Hari bahagiamu

Kamu hebat

Sangat hebat

Semoga hari ini menjadi hari yang tak terlupakan olehmu

Hari di mana kamu terlahir untuk ada

Diciptakan guna bermanfaat untuk semua

Semoga dengan bertambahnya usiamu

Semakin besar rasa syukurmu

Tak lupa juga semangatmu

Teruslah berjuang karena aku yakin kamulah sang pemenang

Kamu sangat pantas berada di titik ini

Karena kamu hebat

 

Ruang Imajinasi, 2020

 

***** 


Teruntuk Diriku

Oleh : @utamirahayuwidya

 

Teruntuk diriku yang termangu dalam dahsyatnya syahdu

Terdiam membisu dalam belaian angin berkabut mesra

Pena pun mulai menutunku merangkai bait aksaranya

Wahai diri ...

Dahulu sempat goyah

Dahulu sempat pasrah

Dahulu sempat merana tak tentu arah

Selamat, kuucapkan selamat

Karena kini di usiamu yang ke-20 tahun kau mampu bersinar layaknya sang surya

Menerangi pekat rinai kubangan dukamu

Kuucapkan selamat kepadamu

Karena telah mampu bertahan, walau harus terseok, terbentur, patah, goyah, dan berdarah

Namun, kau tetap mampu berdiri tegap layaknya benteng yang terbuat dari baja

Kamu hebat wahai diri

Mampu mengalahkan ego

Mampu mengalahkan nafsu

Mampu mengalahkan rintangan

Mampu mengalahkan tantangan

Mampu mengalahkan musuh

Mampu mengalahkan segala ketakutan dan penatmu

Wahai diri kamu benar-benar hebat

Semakin dewasa pola pikirmu semakin tidak biasa

Ada emas yang selalu mengkilat dari sana

Membiarkan orang lain melihat silaunya rinai harapanmu yang tampak nyata

Dulu, mereka hanya bilang itu mustahil

Tapi sekarang, kau luar biasa membuktikannya

Teruslah berjuang, melangkah tanpa ragu

Kamu adalah remaja yang hebat

Takkan pernah kalah karena pilu

Takkan pernah patah karena sendu

Terima kasih diri, sudah menemai hari-hariku menjadi istimewa penuh arti

 

Ruang Imajinasi, 2020

 

*****


Kisah Tersirat

Karya: Syifa

 

Hay kamu, iya kamu

Kamu yang telah berhasil atas pencapaianmu itu

Sungguh, kuat sekali kamu berjuang hingga sampai pada titik membahagiakan ini

Iya, tepat pada bulan September.

 

Kamu ingat, bukan?

Bulan yang memiliki kisah tersirat di antara kita.

Aku tahu kau telah menunggu lama akan semua itu

Sekali lagi selamat ya atas pencapaianmu itu

Syifa hanya berharap semoga kau juga bisa, dan terus bahagia

Segala yang kau harap, semoga lekas terkabul

Semangat terus, ya!

Sang Kuasa tahu, asalkan kita terus berusaha dan berdoa

 

Ruang Perkata, 15 September 2020


*****


Arti Dewasa

 

Tahukah kamu, September?

Setiap tahun aku selalu menyambutmu

Aku bahagia

Sebab waktu itu aku lahir ke dunia

Setiap aku berjumpa denganmu

Maka umurku akan semakin bertambah

Aku akan bertambah dewasa

Setiap aku teringat tentangmu

Di situ juga aku teringat bagaimana perjuangan Ibuku melahirkanku

Aku terharu bahagia menyambut kedatanganmu

Tapi, aku juga dibuat nestapa olehmu

Bagaimana tidak?

Semakin kita bertemu

Semakin berkurang sisa umurku

Tapi, semua itu tidak masalah bagiku

Karena memang semua itu sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa

Aku hanya bisa pasrah menjalaninya

Untuk kamu, September

Engkau adalah hari bahagia yang selalu kunanti

 

 *****

 

Tentang Renjana

 

Di tanggal dan bulan yang sama

Tangismu, kau perdengarkan kepada dunia

Mengobati rasa sakit Ibumu kala melahirkan

Kau datang dan menyapa mereka yang menunggu

Penantian sembilan bulan terbayar sudah

 

Kau sapa dunia yang fana ini dengan tawa

Kau siratkan tekad kepemimpinan pada semesta

Kini, umurmu bertambah dalam hitungan angka

Namun, masa hidupmu semakin berkurang

Mendekati akhir dari segala perjalanan

 

Hari ini, kau rayakan kelahiranmu dengan suka cita

Berbagi bahagia dengan orang tercinta

Mungkin daksamu tak lagi muda

Tapi, kuharapkan atmamu akan selalu menggelorakan semangat yang membara

Jangan menyerah pada takdir yang tak bersahabat

Ada banyak harap yang kau panggul di pundak

 

Ada banyak orang berharap padamu

Jadilah dirimu sendiri dan buatlah menjadi lebih baik

Kutitip doa terbaik untukmu pada Sang Renjana

Salam kasih dari yang terbaik


*****


Hai September

 

Hai September!! Apa kabar?

Semoga kau selalu baik, sebaik harapan yang selalu kutitipkan padanya. Sekalipun tak lagi ada ucapan selamat pagi atau sekedar bertegur sapa di antara kita.

Terimakasih untuk yang ke 19 kalinya kau telah menjaganya selama ia berada di bumi.

Hari ini adalah miliknya.

Manjakan dia, ya? Jangan biarkan dia bersedih di hari istimewanya ini.


*****

Momen ulang tahun menjadi momentum yang sempurna untuk menyentuh hati orang lain dan menyapa diri sendiri dengan kata-kata yang membekas. Semoga kumpulan surat ini memberi inspirasi bagi pembaca untuk merayakan ulang tahun dengan cara yang lebih bermakna dan menyenangkan. Selamat merayakan ulang tahun, semoga setiap tahun menjadi lebih berarti dan penuh kebahagiaan!

Posting Komentar untuk "Kumpulan Surat Bertema Ulang Tahun Penuh Makna, Bikin Baper!"