Panduan Menentukan Tema Artikel Sebelum Menulis Judul

Setelah tahu ide dasar kamu untuk menulis, tentunya selanjutnya kamu harus menentukan tema. Sebenarnya tema dan ide ini ada beberapa yang menyebutkan sama ada juga yang mengatakan berbeda. Intinya ide itu baru semacam garis besarnya saja, kalau tema sudah lebih terarah dan fokus mau menulis tentang apa.

Misalnya tadi kita mempunyai ide ingin menulis tentang tips parenting, maka untuk tema akan lebih fokus lagi. Misalnya seperti tema kebersihan, atau kesehatan. Ya kalau masih bingung kurang lebih penjelasan detailnya seperti cerita berikut:

Anggun adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Hampir setiap hari dirinya disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih, memasak, dan lainnya. Karena dirinya setelah SMA langsung bekerja, tentu belum pernah berkuliah. Namun, dirinya pernah mengikuti kursus memasak dan berpengalaman bekerja selama 2 tahun di sebuah restaurant sebagai seorang chef.

Mengingat hal tersebut, dia mencoba menerapkan ilmu yang dimiliki dengan selalu memasak makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarganya. Karena akhir-akhir ini Anggun mempunyai lebih banyak waktu senggang, dirinya mencoba memulai kesibukan baru menulis artikel dan dikirimkan ke media. Tentu saja berawal dari kesehariannya sebagai ibu rumah tangga, maka sepertinya ide-ide tentang parenting akan dia tulis dan bagikan.

Selajutnya, dirinya meyakinkan diri untuk menulis artikel dengan tema masak-masakan sehat dan bergizi ala rumahan. Berbekal pengalaman dari kursus, pernah bekerja sebagai chef, dan hobi memasak makanan sehat, dirinya aktif membagikan artikel terkait resep-resep masakan tersebut secara rutin. Artikel pertamanya yang dia beri judul Resep Mudah Sayur Asem Khas Jakarta, Bikin Ngiler! Ternyata sukses membuatnya ketagihan menulis artikel secara konsisten sampai sekarang.

 

Nah, kurang lebih begitu. Intinya tuh kalau mau menulis artikel urutan awalnya begini:

Ide => Tema => Judul

GAMPANG BANGET, KAN?

Simplenya, ide itu baru rancangan kamu mau menulis apa. Lalu tema sudah mulai mendetail dan selangkah lebih terarah, dan judul itu sudah sebagai acuan atau fokus awal sebelum menulis artikelnya secara keseluruhan. 

Nah, kalau menentukan tema ini kita harus banyak-banyak membaca supaya tahu ide-ide yang sudah didapat tadi mau dibawa ke mana. Sehingga, untuk menentukan tema cobalah untuk selalu menulis sesuai gaya bahasa sendiri. jika kamu ingin menjadi seorang penulis yang memiliki tema yang keren dan kece, jadilah diri sendiri. Terkadang, penulis terlalu fokus supaya tulisannya viral, sampai-sampai lupa menjadi dirinya sendiri dan mengikuti apa saja yang sedang ramai. Padahal jika menulis sesuai ide dan tema yang didapat dari pengalaman sendiri juga tidak jauh keren, kok.

Jangan terpaku dan fokus pada kalimat INGIN MENJADI PENULIS ini dan itu. Alasannya sederhana, setiap orang memiliki karakter unik dan caranya sendiri dalam menyampaikan gagasannya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menentukan tema. 

Yaitu:

1. Membaca lebih banyak buku atau sumber lainnya

2. Jalan-jalan di sekitar dan menikmati pemandangan

3. Menulis berdasarkan pengalaman yang pernah dialami

4. Melakukan penelitian sederhana ataupun pengamatan langsung

5. Menonton hiburan atau mengerjakan hobi yang disukai

Nah, kamu bisa membaca beberapa artikel lain terkait menentukan tema dalam tulisan.

Posting Komentar untuk "Panduan Menentukan Tema Artikel Sebelum Menulis Judul"